5 Contoh Aksesoris Rumah Hasil dari Daur Ulang

Memiliki hunian dengan penuh kenyamanan adalah mimpi sebagian besar orang. Tidak ada orang yang berusaha membuat ruangan di rumahnya tampak jelek dan berantakan. Bahkan sejumlah orang merelakan banyak uang demi mendapatkan rumah sesuai dengan tema yang diimpikan. Misalnya rumah bertema vintage, bertema beach house, dan sebagainya. Untuk menciptakan suasana rumah sesuai keinginan sebenarnya tidak harus merelakan banyak uang. Pasalnya Anda dapat melakukan pengiritan dengan mendaur ulang beberapa barang bekas agar dapat dijadikan aksesoris rumah.

Aksesoris Rumah Yang Dapat Dihasilkan Dari Daur Ulang

Menghias ruangan rumah dengan beragam perlengkapan yang unik tentu tampak lebih menarik pandangan, daripada menggunakan perlengkapan yang sudah biasa terlihat di mall. Untuk itu, jika keseharian Anda hanya di rumah, maka gunakan waktu untuk sedikit lebih produktif. Ada begitu banyak aksesoris cantik yang dapat dihasilkan dari barang bekas. Berikut contohnya:

  • Membuat buket bunga dari sedotan

Memiliki hiasan bunga di rumah menjadi hal wajib. Apabila rumah tidak terdapat hiasan bunga akan terasa sangat hampa dan tidak segar. Untuk itu, meskipun bunga yang nantinya Anda taruh hanya berupa buatan dari sedotan, akan tetapi keunikan tersebut akan menjadikan ruangan rumah lebih sempurna. Jangan biarkan sudut rumah terlihat kosong, isilah dengan beberapa macam aksesoris.

  • Membuat taplak kulkas dari flannel tak terpakai

Flanel merupakan bahan yang cukup tebal, kemudian teksturnya juga sangat halus. Sehingga jika dimanfaatkan sebagai taplak akan sangat tepat. Terlebih sekarang motif dari kain flannel sangat beragam dan pastinya bagus-bagus. Anda pasti jarang melihat taplak kulkas bermotifkan kemeja. Padahal motif kemeja atau motif kotak-kotak sangat indah dilihat. Tengoklah ke dalam lemari, apakah memiliki flannel bekas atau tidak. Jika terdapat beberapa flannel bekas, segeralah manfaatkan untuk membuat taplak kulkas. Semakin banyak flannel bekas, maka koleksi taplak kulkas berbahan flannel pun semakin banyak.

  • Membuat keset dari beberapa kaos bekas

Ketika di rumah memiliki kaos bekas, beberapa orang lantas menjadikannya sebagai lap atau keset (masih utuh dalam bentuk kaos). Jika itu terjadi, suasana rumah akan berantakan dan tidak tampak harmonis. Sebelum kaos tersebut dijadikan keset, Anda harus melakukan beberapa proses lebih dahulu. Keset digunakan untuk menjadi alas kaki ketika habis dari luar ataupun dari kamar mandi.

Sehingga keset harus tebal dan mampu menyerap air. Untuk itu Anda perlu melakukan proses anyam, sehingga kesetnya jadi lebih tebal. Dalam proses menganyam tidak dapat dilakukan langsung, Anda membutuhkan kardus untuk dijadikan alasnya. Untuk mengetahui proses pembuatan keset ini, Anda dapat melihatnya secara detail melalui Youtube.

  • Membuat kotak pensil berkarakter dari kardus

Kotak pensil di sini bukan berupa wadah pensil yang biasanya dibawa ke sekolah ataupun kantor, melainkan kotak yang ditaruh di atas meja dan di dalamnya berisikan pensil beserta pulpen. Pembuatan kotak pensil ini hanya memerlukan kardus, lem, gunting, dan kertas kado. Sesuaikanlah kotak pensil dengan karakter yang diinginkan. Namun jika Anda ingin menghias kotak pensilnya sendiri, maka Anda perlu beberapa spidol warna warni.

  • Membuat kotak tissue lucu dari kardus dan jeans

Kotak tissue tidak hanya ditaruh dalam rumah, melainkan di dalam mobil. Ketika tissue tidak dimasukkan ke dalam kotak, pasti tampak sederhana. Sekarang Anda dapat menjadikannya lebih elegan dengan memberinya kotak. Salah satu tema yang tepat untuk dipilih adalah jeans. Jadi cari kardus bekas dahulu, ukur sesuai ukuran tissuenya, kemudian lapisi kembali dengan jeans bekas. Dengan begitu kotak tissue jauh lebih elegan dan terlihat mahal.

Alasan Sebuah Rumah Harus Dihiasi Aksesoris Menarik

Lihatlah rumah para artis ketika sedang di grebeg, pasti di dalamnya benar-benar tertata dengan sedemikian rupa. Kemudian dari setiap sudut ruangan pun terdapat aksesoris, setidaknya berjumlah satu. Aksesoris menjadi pilihan utama agar ruangan rumah menjadi lebih hidup. Apabila ruangan tak ada aksesorinya, pasti tampak membosankan dan akhirnya Anda sendiri merasa malas berlama-lama berada di rumah.

Padahal seharusnya rumah menjadi tempat terbaik dan ternyaman. Untuk itu Anda perlu menyiapkan aksesoris yang tepat dan serasi untuk diletakkan pada masing-masing sudut ruangan. Alasan selanjutnya, aksesoris sangat dibutuhkan agar membangkitkan tema rumah yang diusung. Semakin modernnya zaman, banyak orang yang ketika membuat rumah pasti mengusung tema tertentu.

Contoh tema yang diusung adalah, beach house, American modern, brutalism, vintage dan sebagainya. Setelah mendapatkan tema untuk rumah Anda, mulailah berbenah dengan mengumpulkan beragam aksesoris pendukung. Jika rumahnya bertema beach house, Anda harus melengkapi aksesoris di dalamnya berupa kerang-kerangan, lukisan laut dan sebagainya.

Alasan yang selanjutnya, rumah sangat memerlukan aksesoris agar para tamu yang datang merasa nyaman dan betah. Biasanya tamu akan sangat betah apabila mengunjungi sebuah rumah yang memiliki penampakan berbeda. Jika rumah Anda ingin disebut sebagai hunian nyaman bagi tamu undangan, maka mulailah lengkapi aksesoris di dalamnya. Jangan asal melengkapi, namun Anda juga perlu memikirkan bagaimana peletakannya agar sesuai dan tampak serasi.

Meskipun rumah butuh aksesoris, bukan berarti Anda harus meletakkan banyak aksesoris tanpa adanya pertimbangan. Jika jumlah aksesorinya terlalu banyak juga tidak sedap di mata. Pasalnya ruangan rumah bukannya menjadi menarik, justru menjadi sangat sempit. Sesuaikan pula ukuran aksesoris dengan ukuran ruangan. jika ruangannya mungil, taruhlah aksesoris berukuran mungil juga. Jika ruangannya luas, Anda dapat menaruh aksesoris berukuran lebih besar.