Jangan Dibuang! 5 Barang Bekas Ini Masih Berguna!

Di setiap rumah pastinya terdapat barang yang sudah tak digunakan lagi, entah itu plastik, kertas, kaleng, kardus dan sebagainya. Namun bagi orang-orang yang inspiratif, barang yang dianggap tak terpakai tersebut justru dijadikan barang yang berguna. Ketika setiap orang memiliki inspiratif tinggi, hal tersebut akan sangat membantu mereka untuk memperoleh pemasukan. Jika Anda tak memiliki pekerjaan, kemudian bingung harus menghasilkan uang dari mana, cobalah cara ini! Di sini akan segera kami bagikan 5 inspirasi dalam memanfaatkan barang bekas menjadi sebuah barang yang berguna.

5 Contoh Barang Lucu Berasal Dari Barang Bekas

Ketika weekend, cobalah sesekali melihat acara Modern Moms. Pasalnya di acara tersebut sering sekali memberikan informasi tentang bagaimana carannya untuk memanfaatkan kembali barang-barang bekas agar menjadi lebih bermanfaat. Di bawah ini juga terdapat beberapa contoh barang berguna dan cantik yang ternyata dapat dihasilkan dari barang bekas. Berikut beberapa contohnya:

  • Membuat Tempat Make-up dengan Kardus

Para wanita tidak akan pernah merasa cantik apabila wajahnya tanpa riasan. Pasalnya ketika keluar rumah, meskipun itu hanya ke warung, kebanyakan wanita ingin memperlihatkan wajah cantiknya. Entah itu hanya dengan mengaplikasikan bedak ataupun pelembab. Kemudian umumnya, wanita juga akan memiliki sejumlah koleksi kosmetik.

Sehingga kamar akan berantakan sekali jika tidak memiliki tempat khusus untuk make-up. Sekarang tempat make-up tidak perlu dibeli karena Anda dapat membuatnya sendiri. Manfaatkanlah kardus di gudang untuk menciptakan tempat make-up dengan desain sesuka Anda.

  • Membuat tempat make-up dengan triplek

Selain menggunakan kardus, tempat make-up juga dapat diperoleh dari triplek bekas. Jadi Anda harus mengkreasikan triplek tersebut agar membentuk beberapa tingkatan. Sehingga ketika make-up Anda sangat banyak, tampilannya tetap rapi karena tempat make-upnya terbagi menjadi beberapa tingkat. Untuk membuatnya, Anda butuh lem kayu atau paku kecil. Intinya Anda harus membuat meja mini dari triplek tersebut.

  • Membuat sarung bantal dari jeans tak terpakai

2 minggu sekali, sarung bantal ruang tamu ataupun ruang keluarga itu memang harus diganti. Pasalnya ketika tak diganti, pasti sudah terdapat banyak sekali kotoran yang menempel. Jika dibiarkan akan menimbulkan banyak penyakit bagi anggota keluarga. Untuk itu di rumah harus menyediakan cukup banyak sarung bantal sebagai piranti ganti-ganti. Jika di rumah kekurangan sarung bantal, tidak perlu membeli.

Pasalnya Anda dapat memanfaatkan jeans untuk dijadikan sarung bantal. Pasti di rumah ada jeans yang sudah jarang sekali digunakan, bukan? dari pada hanya dibiarkan saja di lemari dan akhirnya berjamur, jadikanlah jeans tersebut sebagai sarung bantal. Sarung bantal berbahan jeans tentu sangat unik, sehingga akan mempercantik ruangan.

  • Membuat tempat sampah gantung di mobil dengan kain tak terpakai

Ketika sedang berkendara, Anda tentu sering sembari mengonsumsi jajanan tertentu dan bingung harus membuang bungkusnya dimana. Sekarang Anda dapat berkreasi menggunakan kain bekas untuk membuat sampah gantung di mobil. Caranya mudah, Anda hanya perlu menjahit kain bekas seperti akan membuat tas. Terdapat ruang untuk sampah dan ada pula talinya. Tali tersebut nantinya digantungkan pada bagian  belakang kursi penumpang.

  • Membuat tas dari bahan jeans tak terpakai

Ternyata jeans tak terpakai tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai sarung bantal, melainkan sebagai tas juga. Sekarang ada beberapa olshop yang menawarkan totebag ataupun slingbag berbahan jeans dan terbukti laris. Jika Anda ingin mencoba untuk memperoleh keuntungan, maka manfaatkan jeans tak terpakai di rumah untuk membuat tas. Pasalnya tas berbahan jeans memang diminati sekali, terutama anak kuliahan. Sehingga Anda dapat membidik anak-anak sekolah atau kuliah untuk menjual produk.

Keuntungan Daur Ulang Barang Bekas

Ketika Anda telah memanfaatkan barang-barang tak terpakai di rumah, ada sejumlah keuntungan yang berpeluang untuk Anda peroleh. Keuntungan pertama, Anda akan memiliki peluang membuka sebuah usaha. Berbagai macam barang yang Anda buat dari barang bekas akan bernilai ekonomis dan tampak unik. Barang yang tampak unik akan lebih mudah menarik simpatik orang. Sehingga ketika Anda mempromosikannya di akun sosmed, yakin lah ada banyak orang yang melirik dan tertarik membeli.

Keuntungan yang kedua, Anda jadi lebih produktif selama di rumah. Menjadi IRT tidak boleh menjadikan Anda sebagai wanita yang pemalas. Jadilah seorang ibu yang pikirannya dipenuhi kreativitas, sehingga dapat menghasilkan hal baru. Meskipun Anda tidak berniat untuk menjual hasil karya dari barang bekas, setidaknya Anda dapat menciptakan keindahan rumah dengan barang-barang bekas tersebut.

Keuntungan ketiga, pengeluaran akan berkurang. Ketika Anda berhasil menciptakan sesuatu dari barang bekas, misalnya saja sarung bantal yang terbuat dari jeans, maka Anda tak perlu membeli sarung bantal di toko. Kemudian ketika Anda mampu membuat tempat make-up menggunakan triplek bekas, Anda tidak perlu membeli tempat make-up di mall yang harganya cenderung mahal.